6/recent/ticker-posts

Ad Code

Responsive Advertisement

Peran ISMKMI sebagai Wadah Pergerakan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia


               Dewasa ini, Indonesia masih saja belum dapat terlepas dari berbagai belenggu problematika kesehatan yang terus menghantui bangsa ini. Tengoklah angka kesakitan di Indonesia yang terus mengalami peningkatan seiring bergesernya pola hidup modernisasi yang jauh dari kata sehat. Mahasiswa, sebagai intelektual muda, sudah sepatutnya menjadi role playing pergerakan dalam mengkritisi kebijakan pemerintah yang tidak sesuai dengan permasalahan yang dihadapi Indonesia.
               Keberadaan organisasi-organisasi mahasiswa sebagai penunjang fungsi kemahasiswaan tak pelak memberikan tanggung jawab yang besar dalam mewujudkan tujuan yang tentunya mengarah ke masyarakat. Dan hal ini pulalah yang sangat disadari oleh mahasiswa kesehatan masyarakat yang termanifestasi dalam organisasi Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI). Organisasi yang berdiri atas asas keberagaman namun bersatu dalam visi misi bersama sebagai wadah mahasiswa dalam mengawal kesehatan masyarakat ini seakan semakin penting adanya di tengah-tengah masyarakat. Berbagai kampus dan kader-kader kesehatan masyarakat yang ada di dalamnya dihimpun sedemikian rupa untuk merapatkan barisan dalam mendukung perbaikan kesehatan masyarakat di Indonesia.
               ISMKMI selalu menjadi simbol nyata pergerakan mahasiswa yang menolak apatis terhadap kebijakan yang tak berpihak. Oleh karenanya, tuntutan untuk terus meningkatkan optimalisasi peran ISMKMI terus diproklamirkan. Sebagai wadah pergerakan mahasiswa kesehatan masyarkat, ISMKMI dituntut untuk menyisihkan kepentingan apapun itu selain kepentingan masyarakat bersama. Pergerakan mahasiswa dalam naungan ISMKMI harus berorientasi pada kesesuaian idealisme dengan realitas.
                Keinginan bersama kita tentunya ISMKMI akan menjadi organisasi yang benar-benar didengar oleh pihak pemerintah sebagai teriakan aspirasi mahasiswa kesehatan masyarakat. Jangan sampai ISMKMI hanya memiliki nama besar namun minim sumbangsih di sektor kesehatan. Di era modern ini, mahasiswa juga dianjurkan tidak serta merta hanya menjadi pihak idealis yang hanya tahu mengkritik, namun kita juga dituntut untuk menjadi pihak solutif yang mampu memechkan sebuah problematika yang kita hadapi kedepannya. Maka, sudah sepantasnya terobosan itu tidak mesti harus menunggu, namun terobosan pergerakan harus muncul dari kepekaan sosial dan respon mahasiswa terhadap apa yang terjadi di Indonesia ini.
Dengan semangat mewujudkan Indonesia sehat, saya berkeyakinan ISMKMI adalah wadah yang paling ideal untuk pergerakan mahasiswa kesehatan masyarakat Indonesia untuk ikut menyuarakan ide dan sumbangsih pemikiran. Eksistensi ISMKMI akan terus ada selagi kita paham dan mampu mengimplementasikan nilai-nilai masyarakat yang coba kita tanamkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya, mari kita kawal kebijakan kesehatan melalui ISMKMI. Salam Pergerakan. 



Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement