6/recent/ticker-posts

Ad Code

Responsive Advertisement

Kiat Surveilans di Masa Pandemi Covid-19


Di tengah Pandemi Covid-19 saat ini, pelayanan prima imunisasi dan surveilans PD3I sangatlah dibutuhkan dalam pencegahan KLB, sebab, sistem dan sumber daya kita saat ini sudah sangat terbebani akibat Covid-19. Perubahan mendasar yang paling mencolok adalah terkait tentang penyesuaian bentuk pelaksanaan pelayanan serta Alat Pelindung Diri ( APD ) yang harus digunakan. Hal tersebut semata demi mewujudkan prinsip pendekatan pelayanan tidak menyebabkan kerugian dan tidak menciptakankluster baru penularan Covid-19.
                Surveilans sebagai salah satu ujung tombak dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit menular dan potensi KLB termasuk penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, juga harus tetap berjalan. Yang mana kegiatan surveilans itu melakukan kegiatan pengamatan yang terus menerus dan sistematis terhadap kejadian  dan distribusi  penyakit serta factor yang mempengaruhi. Di tengah Pandemi Covid-19 ini, yang paling terasa adalah beban kerja para Epidemiolog di tingkatan Puskesmas yang menjadi berlipat. Deteksi Dini, pelacakan kasus serta pemantauan ODP dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 tentunya harus dijalankan beriringan dengan surveilans PD3I yang juga tidak boleh diabaikan. Lembur pun menjadi opsi yang kadang harus ditempuh.
                Pemandangan paling berbeda dalam pandemi Covid-19 ini adalah dengan penggunaan  Alat Pelindung Diri ( APD ) dalam melakukan kegiatan surveilas PD3I dan KLB  tersebut tentu saja pada akhirnya bermuara kepada upaya dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat di tengah Pandemi Covid-19. Sebab, pada dasarnya, penyakit tidak akan bertoleransi kepada penyakit lain. Dalam artian bahwa kemunculan Covid-19 serta merta mengeliminasi risiko peningkatan kasus PD3I. kuncinya adalah meningkatkan kesiapsiagaan dini, serta memunculkan alternative bentuk pelaksanaan pelayanan. Bagi kami para petugas Kesehatan yang beradadi Puskesmas, sebagai pelayan public garda terdepan, Pandemi Covid-19 justru tidak ubahnya sebagai ladang baru dalam mengeskpresikan kemampuan berinovasi serta critical thinking dalam memberikan pelayanan yang aman dan sehat. Dan itu bukanlah sebuah kemustahilan untuk mengadopsi kebiasaan baru. Meskipun kegiatan yang dilaksanakan terkadang menghadapi berbagai kendala/hambatan. Sebab, kami meyakini bahwa hasil tidak menghianati proses.
               Pandemi Covid-19 bagi seorang surveilans merupakan suatu pembelajaran dan motivasi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kasus potensi KLB dan PD3I. Kegiatan tersebut dapat dilakukan seiring sejalan dengan imunisasi. Kerjasama yang baik dengan lintas program dan lintas sektor sangat mendukung dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Masyarakat luas mengenal dan beranggapan bahwa Covid-19 merupakan hal yang menakutkan dan dihindari namun kami petugas harus tetap semangat dan meyakini bahwa Covid-19 akan segera berakhir dan semua aktivitas akan berjalan normal kembali.


Ditulis oleh Nurwahidah M.Nur, SKM
Dalam Lomba Menulis Cerita Surveilans Provinsi Sulawesi Selatan

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Sepertinya terlalu banyak kata "pandemi Covid-19" untuk tulisan sependek ini. Hehe

    BalasHapus

Ad Code

Responsive Advertisement